Kamis, 17 Februari 2011

Cara Zeroing dan Setting Tele scope menggunakan rumus Minute Of Angle ( MOA ) ala Mas Fa'in (KOMSAS)

“ ( 1,2,3,4,5,6,7,8,9………48,49,50…….lumayan dah 950 gejlukan ) “ Itulah suara batin saya ketika sedang memompa senapan gejluk…….. hentakan demi hentakan berulang kali……1000 kali pompa, 1200 kali pompa, bahkan sampai lupa udah berapa kali gejlukan…….maklumlah yang namanya orang hobby sampai gali tanah…… kemudian gali tanah sebelahnya lagi… sebelahnya digali lagi…. Sampai akhirnya ketemu juga senapan gejluk yang berlaras 65 cm alur 12 tabung 24 dan tele Hakko yang harus nggali tanah sampai satu jutaan galian……….. nggak tahu kapan lagi menutup tanahnya wkkk…wkkk…wkkk…wkkk….

Setelah dirasa pompaan sudah cukup kemudian di bersihkan dan di oles sedikit gun oil biar tidak terkena proses oksidasi di dalam tas senapan…… Topi, pellet, sepatu, peredam, pellet Holder, kalkulator, pensil, buku tulis, stip penghapus, tang, drei, cukilan ban dan yang lainnya di persiapkan….. Rencana besuk pulang kampung dan ngajak temen di kampung untuk hunting…….It’s o.k lah….walaupun hanya naik motor yang penting bensin tetep pakai premium……..kenapa nggak pake mobil……? Lha wong bensin aja mampunya beli yang premium…..tahu sendirilah, pertamax harganya berapa… walaupun memang untuk mesin bagus karena rendahnya kandungan tim*&^$@!@%##$@%............STOP.....YOU ARE OUT OF TOPICS…...

O.k kita kembali ke cerita selanjutnya….. begini ceritanya….Suara ayam kate berkokok dengan lantangnya tanpa basa-basi nggangguin tidurnya orang yang tiap hari ngasih mereka makan……di pagi buta aku bangun dari tidurku yang nyenyak, kemudian kulihat jam dinding baru menunjukkan pukul 09.30 WIB….. langsung aku bergegas kekamar mandi mengambil handuk dan kemudian cuci muka….. setelah itu ganti pakaian, jaket, sepatu, slayer, helm,dan bawa perlengkapan lainya. Setelah semua di rasa lengkap, komplit dan nggak ada yang tertinggal, kemudian berpamitan ke Istri tercinta karena marahnya sedikit doang kalau denger aku beli RWS superdome dan sun sayang buat si Monic kecilku yang cantik…… kemudian aku mulai melaju tancap gas pake motorku yang berbahan baker bensin premium……. kenapa nggak pake mobil……? Lha wong bensin aja mampunya beli yang premium…..tahu sendirilah, pertamax harganya berapa… walaupun memang untuk mesin bagus karena rendahnya kandungan tim*&^$@!@%##$@%............STOP.....YOU ARE OUT OF TOPICS…... AND FLOODING YOUR TOPICS…...

Setelah memasuki area kota Demak mulai dech ribetnya nongol….. jalan yang nggak rata, banyak lubang, banyak bebatuan, banyak cewek cantik, banyak juga genangan air……. Tas senapan yang aku gendong di punggung mulai menggangu, ambruk sana, ambruk sini, miring sana, miring sini, kena kepala sana, kena kepala sini dan lain-lainya……

Setelah makan dan istirahat sejenak di rumah……. pas pukul 1 siang temen-temen udah pada datang dan kebetulan juga aku sudah Solo Bandung alias StandBy dari tadi makanya langsung aku kode berangkat ke area hunting….

Begitu masuk area hunting ternyata langsung terlihat target dengan diameter 4 cm pada jarak 24 meter, tanpa babibu atau bahkan celengbu langsung aku bidik pas persis di titik tengahnya, aku ambil nafas dan kemudian aku tarik triger dan clep…. TERNYATA MISS………. Hasil tembakan melenceng 3 cm pada titik tengah sasaran setelah aku pikir-pikir kemungkinan adalah terjadinya perubahan pada scope, entah karena tergoyang dan tergeser-geser ketika senapan di gejluk atau bisa juga karena scope berubah terkena goyangan-goyangan ketika dalam perjalanan……….

Langsung aja aku keluarkan pensil, stip penghapus, 1 buah buku tulis, kalkulator, tang, drei, cukilan ban……

Aku diam sejenak sambil memikirkan beberapa hal yang terlintas di pikiranku….

Aku lihat pada setelan scope tertera ¼ klick MOA berarti :

1 MOA = 1 inci dalam 100 yard
karena penasaran akhirnya aku coba hitung

100 yard = 3600 inci ( aku anggap sebagai jari-jari lingkaran selanjutnya aku hitung keliling lingkaranya )

Keliling lingkaran seingatku adalah 2.π.r…

2 X 3,14 X 3600 inci = 22608 inci ( karena lingkaran memiliki sudut 360º maka untuk 1º adalah ….)

22608 inci : 360º = 628 inci/ º

Untuk 1 MOA adalah 628 inci/ º : 60 detik = 1,047 inci di bulatkan menjadi 1 inci

Jadi memang benar kalau untuk 1 klick MOA adalah 1 inci dalam 100 yard…
dan punyaku 1/4 MOA jadi dalam 100 yard pergeseran 1 klick adalah 0,25 inci



Karena target pada jarak 24 meter maka

24 meter = 944,88 inci( aku anggap sebagai jari-jari lingkaran selanjutnya aku hitung keliling lingkaranya )

Keliling lingkaran seingatku adalah 2.π.r…

2 X 3,14 X 944,88 inci = 5933,8464 inci ( karena lingkaran memiliki sudut 360º maka untuk 1º adalah ….)

5933,8464 inci : 360º = 16,48 inci/ º

Untuk 1 MOA adalah 16,48 inci/ º : 60 detik = 0,275 inci

Karena pada setelan scope adalah ¼ klick MOA 100 yard maka

0,275 : 4 = 0,06875 inci jika di jadikan centimeter maka

0,06875 X 2,54 = 0,174625 cm berarti untuk bergeser 1 cm pada jarak 24 meter dibutuhkan :

1 cm : 0,174625 cm = 5,88 maka jika di bulatkan akan menjadi 6 kali klick

Melihat dari kejadian tadi, sasaran berdiameter 4 cm pada jarak 24 meter dan posisi croshair pada titik tengah target , hasil tembakan melenceng ke kanan 3 cm dari titik tengah sasaran berarti titik tengah target dan hasil tembakan berjarak 3 cm maka di butuhkan 3 X 6 klick = 18 klick ke arah left…….

Tanpa mengenal lelah dan rasa putus asa, aku bidik lagi sasaran tadi, yang ternyata masih tidak bergeming dari tempatnya…… tanpa babibu atau bahkan celengbu langsung aku bidik pas persis di titik tengahnya, aku ambil nafas dan kemudian aku tarik triger dan clep…. BULL EYES………….

Wkkkkkk……wkkkkk……wkkkkk…… ojo ngomong mumet lho…. Masalahnya kau mbikin kayak beginian udah mumet banget…….. biar agak gampang aku kasih bocoran……

Ini berlaku untuk scope ¼ klick MOA 100 yard
Jumlah klick dalam pergeseran 1 cm pada target.

Jarak 7 meter dibutuhkan 20 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 8 meter dibutuhkan 18 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 9 meter dibutuhkan 16 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 10 meter dibutuhkan 14 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 11 meter dibutuhkan 13 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 12 meter dibutuhkan 12 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 13 meter dibutuhkan 11 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 14 meter dibutuhkan 10 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 15 meter dibutuhkan 9 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 16 meter dibutuhkan 9 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 17 meter dibutuhkan 8 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 18 meter dibutuhkan 8 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 19 meter dibutuhkan 7 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 20 meter dibutuhkan 7 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 21 meter dibutuhkan 7 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 22 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 23 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 24 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 25 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm

CCCCCCMMMMMMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIWWWWWWWWWWW……….

12 komentar:

  1. mantab nie, hitung-hitungannya.. udah dipraktekkin Gan... cakeeeeeep
    ane pake bsa sweet and it works ;) cheers

    BalasHapus
  2. Waduh baru bacanya aja ane dah mumet gan,...

    BalasHapus
  3. om... izin pake rumusnya ya.. bwt nyetel tele bsa sweet q...

    BalasHapus
  4. Apakah berlaku u/semua merk tele, Gan?

    BalasHapus
  5. Klik ada 2, samping,dan atas, klo peluru melenceng ke atas, ke bwah, yg di klik yg mana bos, yg samping apa yg atas,,?

    BalasHapus
  6. Bos untuk zoomnya brp kasi ketika stel telescope

    BalasHapus
  7. Bos brp kasi zoom ketika stel telenya. Mohon pencerahan secepatnya

    BalasHapus
  8. Mantap gan :)
    Trima kasih ilmunya

    BalasHapus
  9. Masih pemula..maksutnya klick apa ya gan.Kg ngerti gan

    BalasHapus
  10. Klau telescope 1/8 brapa x click mas

    BalasHapus