Jumat, 25 Februari 2011

Kelebihan dan Kekurangan Alur Laras

Ok. Menurut yang saya ketahui :

Faktor yang mempengaruhi AKURASI LARAS :

1. Kelurusan lubang bore laras.
2. Homogenitas lubang laras, dari pangkal sampai ujung, terkecuali laras sengin yang ada choked, agak mengecil sedikit di ujung laras.
3. Keseragaman kedalaman groove maupun lebar rel land-nya.
4. Kelangsaman / kontinuitas uliran twist-nya. Ada juga sih laras yang punya twist-gain.
5. Kekakuan (stiffness) laras, semakin kaku biasanya semakin bagus, karena getaran akibat tembakan semakin sedikit.
6. Kesempurnaan machinery kehalusan land-nya.

Perihal laras dengan 6, 9, 12 ulir :

1. Ulir sedikit berarti pelor tidak terlalu dicengkeram oleh laras, kalo groove-nya dangkal kemungkinan bisa tergelincir. Makanya yang berulir sedikit kadang2 groove-nya dibikin agak dalam. Jadi sebenarnya adalah kombinasi antara jumlah ulir dan dalam serta lebarnya groove.
Groove yang dalam lebih bagus mennyekat / men-seal dorongan angin dari belakang.

2. Ulir yang banyak membuat mimis lebih stabil berakselesari, namun jika relnya tidak seragam, twist-nya tidak seragam, diameter juga tidak seragam, mengurangi akurasi.

Intinya jika kombinasi faktor bahan, keseragaman diameter, kelangsaman twis, jumlah twist, keseragaman groove dan keseragaman rel land dan kehalusan land serta stiffness-nya sempurna, maka laras akan akurat.

Perihal panjang laras, dari beberapa penjelasan para ahli, ternyata panjang laras. - dalam batas2 tertentu - tidak berpengaruh langsung terhadap akurasi laras. Pengaruhnya adalah di velocity. Dengan laras yang optimal panjangnya sesuai kapasitas power plant-nya, maka pelor akan berakselerasi secara sempurna sebelum meninggalkan moncong.

Khusus untuk bedil angin, groove yang banyak dan twist yang rapat sebenarnya tidak amat diperlukan, karena type mimis bedil angin yang berbentuk diabolo, sehingga stabilitas terbangnya tidak semata2 bergantung kepada kecepatan putaran (spinning) mimis, tetapi juga ditopang oleh bentuk mimis yang berbentuk diabolo. Oleh sebab itu, bedil angin masih bisa tetap akurat meskipun velocity-nya rendah.

Kalau bedil api, stabilitas mimis semata2 bergantung kepada kecepatan putaran (spinning) mimis dan bentuk aerodinamical bullet, sehingga power plant-nya harus powerful. Jika mid power maka stabilitasnya akan segera runtuh dengan cepat, sehingga akurasi merosot.

Dan lain-lain. Temen2 lain mohon menambahkan. Tks.

Dan lain-lain.

KODE SANDI KOMUNIKASI

Sandi komunikasi via radio knpa dperlukan?knpa hrus pkai sandi?krna suara via radio rata2 kurang jelas&sring gangguan.jika ingin mnyampaikn ssuatu misal "tolong" jika kualitas suara jelek mka akn terdengar "lontong,lolong,bolong,nyolong dll" jika brita ini pnting nmun tdk jlas mka akn brakibat fatal.mka it dperlukn sandi.kata tolong jika versi sandi huruf "Timor Opak Lombok Opak Namlea Garut" jika kualits suara jelek tetap akn bisa d mgerti.itu hnya contoh kcil..nah izinkn sy memposting beberapa sandi yg mkin perlu jika kita hunting d hutan.jika ad yg kurang mhon d tmbahkan,jika ad yg slah mhon d koreksi...saya hanya menuliskn baberapa yang penting dan diperlukan.

SANDI ANGKA
10-1 Sulit didengar
10-2 Posisi
10-2 Didengar jelas
10-3 Brhenti mgudara
10-4 Benar/paham
10-5 Ada pesan untk dsampaikn
10-6 Sedang sibuk
10-7 Mengalami kerusakan
10-8 Normal tanpa kendala
10-8 Tujuan/menuju
10-9 Diperjelas/ulang
10-10 Penyampaian berita selesai
1-1 Hubungi via HP
1-2 Menghadap pusat
1-4 Hubungi via HT
8-4 Testing radio
8-1 Kmunikasi tdk jlas
8-2 Kmunikasi jelas
3-3 Kualits suara jelek
4-4 Kualits suara baik
5-5 Kualits suara baik
6-1 Trjdi Perampokan
6-2 Trjdi pencurian
8-6 Dimengerti
8-7 Disampaikan
8-10 Tdk mengudara
8-1-1 Stanby/on line
8-1-2 Diulang/krg jlas
8-1-3 Slmat bertugas
8-1-5 Keadaan cuaca
8-1-6 Waktu/jam

SANDI KATA
Taruna=berita
Gelombang=jam/wktu
Semut=pelajar
Lalat=mahasiswa
Pangkalan=rumah
Cangkulan=tmpt kerja
Komando=psat prntah
Tikar=surat
Halong timur=rdio HT
Halong pati=HP
Laka=kecelakaan
Solo bandung=stanby
Solo garut=siaga

SANDI ALPHABET LOKAL/INDONESIA
A=Ambon
B=Bandung
C=Cepu
D=Demak
F=Flores
G=Garut
H=Halong
I=Irian
J=Jepara
K=Kendal
L=Lombok
M=Medan
N=Namlea
O=Opak
P=Pati
Q=Quibek
R=Rembang
S=Solo
T=Timor
U=Ungaran
V=Viktor
W=Wilis
X=Ekstra
Y=Yongki
Z=Zainal
Cara mggunakan:
contoh bro mau bilang "Tempat Kejadian Perkara" via HT/RADIO jdi "Timor Kendal Pati" diambil huruf depan stiap katanya saja.

SANDI ALPHABET INTERNASIONAL
A=ALPHA
B=BRAVO
C=CHARLIE
D=DELTA
E=ECHO
F=FOXTROT
G=GOLF
H=HOTEL
I=INDIA
J=JULIETT
K=KILO
L=LIMA
M=MIKE
N=NOVEMBER
O=OSCAR
P=PAPA
Q=QUEBEC
R=ROMEO
S=SIERRA
T=TANGO
U=UNIFORM
V=VICTOR
W=WHISKEY
X=X-RAY
Y=YANKEE
Z=ZULU
cara mggunakan:
cntoh aq mau nyebut namaku"ANDRE" kl versi Radio inter alphabet jd "Alpha November Delta Romeo Echo" dicocokkn alphabetnya dgn huruf dlm kata yg mau bro sbut...

SANDI ANGKA INTERNASIONAL
0=ZE-RO
1=WAN
2=TOO
3=TREE
4=FOW-ER
5=FIFE
6=SIX
7=SEVEN
8=AIT
9=NIN
WARNING:karna versi suara,jd sy tuliskn berdasarkn ejaan/cara bacanya..he..he..
Cara menggunakan:
contoh ID anda "0047" penyebutan versi sandi huruf internasiolal mnjd "ZE-RO ZE-RO FOW-ER SEV-EN"

WARNING ! ! !
Tidak sya tuliskan semua kode sandi atau tdk sy lengkapi krn sy rasa unk kegiatan hunting tdak terlalu diperlukan.tapi klau bro rasa penting/perlu monggo dtambahkan bila tau.kl tdk tau bleh tanx pda yg sdh tau...jika ad yg slh mari dkoreksi bersama,jika ad yg kurang mari dlengkapi bersama....sy muat di fordis ini unk jaga2 dan d pelajari jika ada brader2 yg membutuhkn/memerlukan,ingin tau dan ingin menggunakn....

SALAM KOMSAS
"KILO OSCAR MIKE SIERRA ALPHA SIERRA"

Rabu, 23 Februari 2011

Dokter Sudarmono : MANGKOK TANPA ALAS

Seorang raja bersama pengiringnya keluar dari
istananya untuk menikmati udara pagi. Di keramaian,
ia berpapasan dengan seorang pengemis.
Sang raja menyapa pengemis ini, “Apa yang engkau inginkan
dariku?”
Si pengemis itu tersenyum dan berkata, “Tuanku bertanya,
seakan-akan tuanku dapat memenuhi permintaan hamba.”
Sang raja terkejut, ia merasa tertantang, “Tentu saja aku dapat
memenuhi permintaanmu. Apa yang engkau minta, katakanlah!”
Maka menjawablah sang pengemis, “Berpikirlah dua kali, wahai
tuanku, sebelum tuanku menjanjikan apa-apa.”
Rupanya sang pengemis bukanlah sembarang pengemis.
Namun raja tidak merasakan hal itu. Timbul rasa angkuh dan tak
senang pada diri raja, karena mendapat nasihat dari seorang
pengemis. “Sudah aku katakan, aku dapat memenuhi
permintaanmu. Apapun juga! Aku adalah raja yang paling
berkuasa dan kaya-raya.”
Dengan penuh kepolosan dan kesederhanaan si pengemis itu
mengangsurkan mangkuk penadah sedekah, “Tuanku dapat
mengisi penuh mangkuk ini dengan apa yang tuanku inginkan.”
Bukan main! Raja menjadi geram mendengar ‘tantangan’
pengemis di hadapannya.
Segera ia memerintahkan bendahara kerajaan yang ikut
dengannya untuk mengisi penuh mangkuk pengemis kurang
ajar ini dengan emas! Kemudian bendahara menuangkan emas
dari pundi-pundi besar yang dibawanya ke dalam mangkuk
sedekah sang pengemis. Anehnya, emas dalam pundi-pundi
besar itu tidak dapat mengisi penuh mangkuk sedekah.
Tak mau kehilangan muka di hadapan rakyatnya, sang raja terus
memerintahkan bendahara mengisi mangkuk itu. Tetapi
mangkuk itu tetap kosong. Bahkan seluruh perbendaharaan
kerajaan: emas, intan berlian, ratna mutumanikam telah habis
dilahap mangkuk sedekah itu. Mangkuk itu seolah tanpa dasar,
berlubang.
Dengan perasaan tak menentu, sang raja jatuh bersimpuh di
kaki si pengemis, ternyata dia bukan pengemis biasa, terbatabata
ia bertanya, “Sebelum berlalu dari tempat ini, dapatkah
tuan menjelaskan terbuat dari apakah mangkuk sedekah ini?”
Pengemis itu menjawab sambil tersenyum, “Mangkuk itu
terbuat dari keinginan manusia yang tanpa batas. Itulah yang
mendorong manusia senantiasa bergelut dalam hidupnya. Ada
kegembiraan, gairah memuncak di hati, pengalaman yang
mengasyikkan kala engkau menginginkan sesuatu. Ketika
akhirnya engkau telah mendapatkan keinginan itu, semua yang
telah kau dapatkan itu, seolah tidak ada lagi artinya bagimu”.
Semuanya hilang ibarat emas intan berlian yang masuk dalam
mangkuk yang tak beralas itu. Kegembiraan, gairah, dan
pengalaman yang mengasyikkan itu hanya tatkala dalam proses
untuk mendapatkan keinginan..
Begitu saja seterusnya, selalu kemudian datang keinginan baru.
Orang tidak pernah merasa puas. Ia selalu merasa kekurangan.
Anak cucumu kelak mengatakan: power tends to corrupt;
kekuasaan cenderung untuk berlaku tamak.
Raja itu bertanya lagi, “Adakah cara untuk dapat menutup alas
mangkuk itu?”
“Tentu ada, yaitu rasa syukur kepada Tuhan. Jika engkau pandai
bersyukur, Tuhan akan menambah nikmat padamu,” ucap sang
pengemis itu, sambil ia berjalan kemudian menghilang.
============================================
Sumber artikel, dari buku:

Sudarmono, Dr.(2010). Mutiara Kalbu Sebening Embun Pagi, 1001 Kisah Sumber Inspirasi. Yogyakarta: Idea Press. Volume 2. Hal. 368-370. ISBN 978-6028-686-938.

diangkat dari fordis KOMSAS dgTopik: tips alternatif sparepart bagi pengguna benyamin franklin asli

senapan benyamin franklin made in usa pada era 80-an sangat melegenda bagi para pemburu karena daya bunuhnya yang sangat maut dibandingkan senapan lainnya yg sekelasnya pada era yang sama.tp tambah taon tambah usia senapan tersebut kemampuannya menurun karena faktor dari spare part. untuk membeli spare part benyamin franklin yg original harus merogoh kantong yg cukup dalam maka akan kuberikan sparepart alternatifnya hanya bermodal uang 50rb senapan benyamin franklin bisa melegenda lagi:
1. pentil depan yg berbentul seperti kancing baju bisa dibuat sendiri dgn pentil belakang yang utk membuang angin caranya : as pentil belakang dicopot dulu karet yag berada ditempatnya jg dicopot diganti dgn oring no seri 105 beli ditoko onderdil sepeda motor banyak paling harganya 500 perak trus as nya dipotong menjadi 3,5mm dibuat runcing lalu dipasangkan pda kedudukan beserta silnya jangan luap silnya dilem menggunakan lem perpak sepeda motor.
2.pentil belakang bisa menggunakan yang murahan tpi karetnya harus diganti dgn karet yang diameternya 8mm bisa dibeli ditoko bearing setengah meter hanya 8rb rupiah caranya as pentil dilepas dgn cara diputar trus lepas karet yg ada pada pentil tersebut diganti karet yg baru dgn diameter 8mm itu pasang kembali as pentilnya jangan lupa pemasangan as pentil harus diberi lem plasti steel agar lebih kuat. pemotongan karet 8mm tersebut harus benar2 rapi tanpa goresan dan harus benar2 rata.
3. klep pompa bisa dari klep bramasta harganya hanya 5rb perak dimodif sedikit untuk pemasangan pada klep benyamin franklin
4.per pemukul bisa diambilkan dri per pistol mainan anak2 yg plurunya pke gotri plastik hanya seharga 5rb bila per tersebut kegedean piston pemukulnya tempat per tersebut bisa dibor ato dibuatkan lagi

Topik: MENGAPA LELAKI GAGAH LEBIH SUKA PELIHARA BEDIL DARIPADA PELIHARA PEREMPUAN ?

Beberapa alasan logisnya, karena bedil itu :

1. Nek wis ra seneng model 35, iso didol dijolke model 24 sing isih kinyis- kinyis.

2. Nek bedil utama keri neng ngomah, neng ndalan isih iso golek-golek nempil-nempil njilih uwong.

3. Dikompa terus bendino, ra tau protes.

4. Iso dienggo terus saben dino, sewulan utuh. Ra ono critane tanggal merah.

5. Yen bar dienggo, langsung digletakke ditinggal turu ngorok, hora popoh. Hora mecucu.

6. Yen duweke kancane apik lan cakep trus awake dhewe tertarik, biasane konco gelem nyilihi sedhelo dijajal kecantikane, kompanane lan pancalane. Gratis.

7. Tetep setia ngancani bebarengan, senajan awake dhewe wis kentekan mimis babar blas.

8. Nek pas mujur, wis wareg nganggo, didol malah isih bathi.

9. Cangkeme ra tau ndememeng. Nek ndememeng iso di pasangi peredam.


Kesimpulane :

Bedil ternyata luwih manusiawi lan luwih gampang diemong tinimbang makhluk aneh ajaib yang bernama PEREMPUAN. Pomeneh wedokan tur mbladush.

VIVA LAKI-LAKI GAGAH.

KUX KLUX KLANX.

SNIPER Ndeso : Menembak Target Jarak 1000 m dengan Senapan Angin !!!

SNIPER Ndeso : Menembak Target Jarak 1000 m dengan Senapan Angin !!!
-----------------------------------------------------------------------------------
Ah….yang bener aja nih ? Menembak target jarak 1000 meter dengan Senapan Angin ?? Senjatanya merk apa kok bisa sampai sehebat itu ? Pelletnya apa ?? Sasarannya apa ??
Sumprit sumpah pocong bro, ini bener2 nyata bro……!!! Saya sering latihan kok !!! PENASARAN ..??????

Hehehehe….Nih, penjelasan dan metodenya :

Sniper militer andal dilatih secara khusus untuk bisa menembak bagian tubuh vital manusia dari jarak 1000 m dan merubuhkannya.. Banyak sekali factor yang diperhitungkan untuk bisa menembak seperti itu : akurasi laras, kelembutan pelatuk, kualitas peluru, besar dan arah angin, suhu dan kelembaban udara, karakter trajectory peluru dari senjata, tipe penyangga, kemampuan dan presisi telescope, kekuatan bidikan mata, pengaturan helaan napas, detak nadi jantung, dll.

Ukuran2 dan faktor2 itu lantas kita adopsi dan kita eskalasi ke senapan angin. Atau tepatnya : miniaturisasi.

Artikel tentang hal tsb di atas saya temukan di internet, dan saya sudah lama praktekkan untuk latihan, tapi daripada teman2 gerah mencarinya di website, lebih baik saya paparkan singkat dengan bahasa yang lebih mudah.

Bagi senapan angin :

1.Jarak 1000 m bagi senjata api, -- dengan tingkat kesulitan dan factor yang sama – adalah setara dengan jarak tembak 34 meter bagi senapan angin.

2.Pada jarak 1000 m, besarnya badan manusia rata-rata, adalah setara dengan besarnya selongsong peluru senjata api caliber 9 mm diletakkan pada posisi berdiri, pada jarak 34 meter.

3.Faktor2 dan tingkat kesulitan yang berpengaruh pada perkenaan jarak tembak 1000 m senjata api sniper, setara dengan factor dan tingkat kesulitan perkenaan senapan angin pada jarak 34 m.

Ada hitungan2 matematisnya dan hitungan2 lainnya tentang bukti kesetaraan senjata api vs senapan angin pada 2 jarak dan 2 ukuran sasaran tersebut di atas. Kita gak usah pusingkan. Pokoknya kita terima aja deh bahwa miniaturisasi ini dan ukuran2nya sudah setara. Kita akui aja itung2an bule itu sudah benar.

Kondisi2 penembakan dan alat-alat / perlengkapan :

1.Senapan angin caliber .177 / 4,5 mm. Model dan tipe apa aja boleh. Sesuai yang Anda sudah miliki saja. Namanya juga just for fun, gak perlu repot2 banget.

2.Telescope. Minimal 4x32. Kalau punya yang 9x32 atau 9x40 ya boleh saja, bagus dan sah-sah saja. Harus pakai telescope. Gak pake telescope sasaran gak kelihatan. Supaya sama dengan sniper betulan.

3.Selongsong peluru caliber 9 mm sebagai sasaran tembak. Gak usah capek2 mencarinya, nih saya sertakan filenya, tinggal di print diatas kertas, ukurannya sudah tepat sama, dan sekali print jumlahnya banyak. 25 titik sasaran. Tinggal diwarnai. Warna hitam, supaya kayak Gerilyawan Vietcong. Hehehehe. Nhaa… enak to ?

4. Dudukan untuk mendudukkan sasaran. Terserah sampeyan aja, mau didudukkan di mana. Di kayu, tembok, beton, gedebok pisang, oke2 aja. Yang penting sasaran gak goyang2 ketiup angin.

5.Dudukan untuk sandaran senjata. Oya, menembaknya bersandar. Terserah juga mau pakai sandaran apa. Tripod, bantal, tangan, kaki, pasir, batu, pohon, please please aja. Bebas.

6.Pellet. Terserah Anda juga, pakai aja yang sudah terbukti paling cocok dan paling akurat dipakai di senjata Anda selama ini. Toh musuh yang ketembus peluru di kepala juga tidak mau pusing memikirkan peluru yang menembusnya merk apa …….

7.Posisi menembak. Namanya aja sniper, posisi nembaknya ya bebas. Boleh jongkok, duduk, tiarap, berdiri sandar, ndlosor, nungging ataupun mekangkang. Plis plis saja. Pake baju gillisuit spt sniper juga boleh. Mau kamuflase ditutupi aja pakai daun pisang dan daun waru juga boleh.

8.Oya, harus ada lahan minimal sepanjang 36 meter untuk praktek main sniper-sniperan ini. Gak punya ?? Halah. (makanya beli pekarangan yang luas hehehehe )

9.Teropong. Untuk mengevaluasi perkenaan sasaran.

Kalau semua sudah lengkap, ya udah, mulai menembak aja. Senginnya mau dizero di titik mana dan dengan cara bagaimana ya terserah aja sesukanya. Namanya sniper kan gak mungkin sebelum nembak musuh minta tolong musuhnya untuk diam mematung dulu karena mau menzero dulu supaya pas kena di kepala. Hwekekekkkkek.

Nembaknya dinilai / di-score. Kalau kena di sasaran (minimal harus menyentuh garis selongsong) dinilai HIT=1. Kalo sama sekali gak kena dinilai MISS = 0. Nilainya hanya 1 dan 0. Kena dan tidak kena.

Anda mengira gampang mengenai sasaran ?

Ok. Silakan mencoba. Evaluasi capaian score Anda, dan lihat apakah Anda pantas disebut Sniper yang berkarakter, atau hanya pecundang yang gagah-gagahan tukang menembaki burung emprit, burung gereja dan rambu-rambu lalu lintas.

Have a nice shooting day.


Salam Springer. Kux Klux Klanck.

-Multy Range Pompa-

sedikt ilmu dari :Kelik 'Bullseyes' Hidayat (KOMSAS)
Kelas multy range pompa slh satu kelas yg sring diperlombakan di event2 metal silhouette.Kelas ini punya tingkat kesulitan,keunikan dan keasyikan trsendiri.
Petembak dihadapkan pd 20 buah silhouette dgn perincian:
-5 silhouette ayam jrk 15mtr.
-5 silhouette babi jrk 20mtr.
-5 silhouette kalkun jrk 25mtr.
-5 silhouette kambing jrk 30mtr.
Ditembak dgn posisi berdiri,Waktu yg disediakan 12 menit,ditembak mulai dr range trdekat menjauh,dr kiri ke kanan(ptembak kidal blh dr kanan ke kiri).Penilaian silhouette yg dhitung(poin) adlh yg kena dan jatuh sampe tanah/kbawah.
Krn ada 4 jrk yg brbeda dan memakai senapan pompa mka petembak hrs menemukan formulasi/rumus yg tepat yg mengkombinasikan bnyaknya pompa dan koreksi bidikan.Stlh rumus dtemukan dan dipelajari dlm latihan,petembak jg hrus menghafal rumus trsebut agar tdk blank/hilang pd wktu tampil di event lomba.
Petembak jg hrs pndai mengatur nafas yg akan brpengaruh pd detak jantung,krn dlm wkt 12 menit akan bnyak memompa snapan dan menahan nafas pd wkt membidik.
Semoga bermanfaat.
*hèf e nais akurasyen*

macam-macam alur (photo KOMSAS)

dari nomor 1 sampai dengan 9 manakah yg paling cocok dengan senapanmu

BLUING (melapisi biar g karatan) postingan Den Bagus MasHafid (KOMSAS)

ada baut buat tali sandang sudah karatan, mau dibluing sendiri, bahan yang mau di bluing di bersihkan pakai amplas terus dicuci pakai sabun

1. baut yang baut tali sandang yang mau jadi korban bluing
2. ini bahan yang dipakai 1 bagian berat natrium nitrat, 1 bagian berat natrium nitrit, 4 bagian berat soda api (coastik soda), 6 bagian berat air
3. semua bahan ditaruh ditempat yang terbuat dari stainless, jangan alumunium atau besi nanti yang di bluing wadahnya
4. campur dengan air, hati2 saat memasukan soda api suka muncrat
5. panaskan sampai mendidih, kecilkan api (buat ngirit gas)
6. masukan bahan yang mau di bluing
7. setelah hitam diangkat dibilas terus di lap pakai minyak biar tidak mudah karatan
8. proyek yang kedua anodizing, moga2 berhasil, sudah copot PSU nya komputer buat daya he he he

sumber
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=326514127&postcount=952
 
cara ke dua yaitu Anodizing
akhirnya berhasil juga, setelah copot PSU komputer
1. persiapan alat dan bahan untuk anodizing PSU, wadah plastik, thermometer, H2SO4, aluminium yang mau di anodize
2.membuat campuran 10% asam sulfat
3. rangkaian anodizing yang anoda dipasangkan di aluminium yang akan diwarnai, katoda dipasang pada plat aluminium sebagai pelepas elektron
4. setelah diberikan arus listrik akan timbul gelembung udara dan suhu larutan akan meningkat, dijaga agar suhunya antara 20-25oC dengan cara di berikan air es dibagian luar wadah plastik
5. pewarnaan pada pori2 aluminium yang telah terbuka, pewarna yang aku pakai pewarna pakaian kebeneran kemarin mau wantek celana jeans nggak jadi
6. penutupan pori2 setelah diwarnai dengan cara merebus aluminium pada suhu air mendidih, biar warnanya tidak luntur
7. ini hasilnya, dikeringkan hasilnya tidak mengkilap karena pada saat persiapan awal mengosok aluminiumnya tidak mengkilap karena aku gosok pakai sikat grinda, hasilnya malah seperti kulit jeruk


sumber : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=327026671&postcount=978
 

Sabtu, 19 Februari 2011

UKURAN TEKNIS BEDIL HW 80 / BEEMAN R1 dalam satuan mm. (Sumber dr Boris Mata Setan "KOMSAS")

UKURAN TEKNIS BEDIL HW 80 / BEEMAN R1 dalam satuan mm.


Spec : Spring Piston, Break Barrel, cal. .177. From Weihrauch / Beeman. Full Tuned Velo : 900 – 1100 fps. ME : 13 – 17 ft lbs.

RECEIVER >> STEEL

OD Tabung Receiver : 34,7
ID Tabung Receiver 30
Tebal Tabung receiver 2,3
Lebar Got alur kokang di receiver 5,5
Lebar Got alur kokang di receiver untuk masuk cocking shoe 10,1
Panjang Got alur kokang di receiver untuk masuk cocking shoe 21,5
Panjang Got alur kokang di receiver (got kecil) 111
Total Panjang got 132,5
ID lubang Transfer Port 3
Panjang transfer port : asem tenan…lupa ngukur !! Padahal penting ki…
Lebar celah breech block 18,1
Panjang cawang breech block 47,7
Tebal Cawang breech block (ki-ka sama) 8,4
Lebar breech blok (ki-ka sama) 23
ID lubang pen pivot 7
ID drat ulir pen pivot 6
ID drat ulir baut forearm (ki-ka sama) 4
Tebal plat / kuping u/ ulir baut forearm 3
ID got pivot (ki-ka sama) 12,5
Kedalaman got pivot ( di tengah) 4,5
Lebar rel u/ dudukan telescope (dasar) 10
Lebar rel u/ dudukan telescope (puncak) 10,7

PISTON >> Baja Alloy campur2

Panjang tabung piston (ujung kepala s/d ujung pantat) 142,5
Panjang dasar piston s/d ujung pantat piston 127
OD puncak (caping) kepala piston 24,8
OD got kepala piston 22,6
Lebar got kepala piston 3,6
Kedalaman got diukur dari badan piston 3
Kedalaman got diukur dari caping kepala piston 1
Tebal caping piston 2,5
OD badan piston teratas (pas bawah kepala) 29,1
OD pinggang piston 29
OD pantat piston 29,5
ID piston tanpa sleeve (selubung pelapis dalam) 25,5
ID piston dengan sleeve (selubung pelapis piston) 23,7 s/d 23,9
Tebal dinding piston tanpa sleeve 2
Tebal dinding piston dengan sleeve 2,5
Tebal sleeve 0,5
Lebar got/celah di pinggang piston u/ sepatu kokang (cocking shoe) 10,5
Panjang got/celah di pinggang piston u/ sepatu kokang 122
Jarak ujung got s/d ujung pantat piston 10
OD piston rod (batang piston) 9,8
Panjang dasar piston sd ujung rod : ini yang penting malah lupa ukur.
Berat piston : belum ditimbang, gak punya timbangan digital.

REAR GUIDE >> baja alloy campur2

Panjang rear guide ujung ke ujung 84
OD rear guide 14
ID rear guide 10
Tebal dinding rear guide 2
Diameter pantat rear guide 29,9
Tebal pantat rear guide 2,3

PISTON VALVE >> Polyurethane (PU)

Kedalaman got untuk duduk di kepala piston 5,7
ID pantat valve 23
OD pantat valve 24,3
Tebal dinding pantat valve 3
OD puncak kepala valve 30,5
Tebal parachute 0,6
Tinggi valve 10,5

MAINSPRING >> Carbon Steel, Chrome Vanadium Steel, dll.

ID 15,6
OD 23,2
Jumlah coil 32,5
Diameter wire 3,8
Full Compressed (estimasi matematis ) = 32.5 x 3.8 = 123,5
Panjang berkisar 230 – 260 mm


KOMPRESI
Panjang swept area ( yang kemudian jadi namanya : HW 80) 80 mm

Panjang ruang chamber untuk kompresi spring 127-128
(misalnya kita punya spring dengan full compressed=115 mm,
maka kita masih punya "ruang sisa" sepanjang 12 mm untuk
aplikasi top hat atau spacer/washer/ganjal. Ganjalnya tidak
bisa diletakkan di belakang rear guide, tetapi di dasar piston
depan)
Ganjal dibelakang tidak bisa, karena saat dikokang piston rod
tidak akan connect dengan bilah pelatuk Rekord.

LARAS >> Carbon steel

Panjang laras 500
OD laras 16
Jumlah ulir
Twist Rate belum ukur. Wegah
Choke Tdk ada choke
Crowning model sudut, katanya dengar-dengar120 drajat
Lebar rel got visir depan 8
Panjang rel got visir depan 35
Tinggi ujung bilah visir depan s/d permukaan batang laras 16
OD tabung visir depan 19,5
ID tabung visir depan 16,4
OD got dudukan breech seal 10,5
ID got dudukan breech seal 7,5
Tebal breech seal 3
Kedalaman got u/ breech seal gak diukur, kecuali ada yang belikan seal baru
Diameter lubang pivot laras (bonggol laras) 7
OD washer pivot lupa ukur ( skitar 17-20 mm)
ID washer pivot lupa ukur ( skitar 8 mm)
Tebal washer pivot lupa ukur. Sekitar 0.2 mm)
Lebar celah got di bonggol laras untuk duduk as stang kokang 5,2
Tebal stang kokang 5
Panjang stang kokang : melengkung berliku, gak efektif diukur.
Tebal Bonggol Laras 18


PELATUK >> Rekord Trigger Set

Sudah berbentuk set. Beresiko u/ dibuka. Gak bisa diukur. Liku2.

Panjang pen-pelatuk bagian depan u/ikat ke body buntut waduh...lupa ngukur
Diameter pen-pelatuk bagian depan 3,8
Panjang pen pelatuk bagian belakang untuk ikat ke body buntut eitt...ini juga lupa
Diameter pen pelatuk bagian belakang 3,8


BUNTUT BELAKANG RECEIVER

OD ( sama dengan OD Receiver ) 34,7
Panjang drat ulir 18
Diameter stopper tele 5,5
Jumlah lubang stopper 2
Lebar celah got untuk masuk trigger set 10,3
Kedalaman celah got 28
Panjang got 72
Diameter lubang pen 3,8 lebih dikit, spy pas dengan pen-nya.
Panjang total buntut 82


TOTAL PANJANG BEDIL UJUNG LARAS S/D UJUNG BUNTUT RECEIVER : 828 mm.

NOTE :
Data teknis ukuran2 bedil dicari di web susah sekali. Bahkan boleh dibilang TIDAK ADA. Skema diagram, banyak. Foto-foto, banyak. Tapi tidak ada ukuran. Di dokumen hak paten diagram skemanya komplit, tapi ukurannya juga tidak ada.

Data ini mudah2an suatu ketika bisa berguna bagi siapapun yang butuh. Terutama bagi pemulung2 bedil, yang nemu bedil tua bangka rongsok di tempat sampah, sparepartsnya gak komplit banyak yang ilang, beli gak ada yang jual, gak punya contohnya, lalu berniat bikin sndiri, lalu cari2 di web ketemu gambarnya dan skemanya, tapi GAK ADA UKURANNYA. Lalu bingung uring2an. Moga ukuran ini bisa membantu. KARENA MELESET UKURAN 1 MM SAJA, SEBAGIAN BESAR KOMPONEN BEDIL AKAN GAGAL BERFUNGSI SAMA SEKALI.

Pengukuran ini adalah OTENTIK. Langsung diukur dengan Sigmat Mikrometer Merk Tricle Brand. Bukan Ngunduh dari web. Karena di web juga ora enek.

Salah mata tua human error pengukuran maupun pergeseran ukuran karena keausan atau kemungsretan adalah dimungkinkan. Koreksi via diskusi akan sangat dihargai, untuk bisa menyempurnakan akurasi ukuran yang tepat kepada rekan pehobi yang memerlukan.

Sedang diupayakan juga untuk menyajikan ukuran2 untuk bedil2 spring tua popular : HW 35, HW 77, Diana 27, Diana 50, Diana 35, FWB 124, BSA Airsporter, BSA Meteor, dll.

Sumbangan tulisan data ukuran dari rekan2 para owner bedil2 di atas akan admin sangat hargai, untuk menambah khasanah perbendaharaan teknis perbedilan di KOMSAS.

Para bediler muda kompaner, dipersilakan memaparkan ukuran2 bedil kompan yang popular. Demikian juga para gejluker. Siapa tau pas sedang bongkar2. Karena bisa ngukur hanya kalo pas sedang mbongkar prethel.

Makasih.

Kami orang tua pake spring aja dah. Sudah gak kuat ngompa. Maklum, osteoporosis dan asam urat.

Salam springer. Ku Klux Klanck.

Kimia Organik Ndeso : Memberishkan Karat Bore Laras Baja dengan Daging Buah Cacao ala Boris Mata Setan (KOMSAS)

Bore laras baja karaten digelontor pake WD40 dan Olie gak mempan. Tetep karaten.

Pakai cara Ndesao wae. Nganggo daging buah Cacao (Coklat)

Bahan :

1. Daging Buah Cacao yang mateng, tapi yang pas mateng (mulai semburat kuning). Jangan yang terlalu mateng. Karena kalo sudah terlalu mateng, daging buah warna putihnya sudah habis terfermentasi.

Cara :

1. Petik Cacao semburat mateng.
2. Belah.
3. Keluarkan daging buahnya.
4. Kelupas daging buahnya yang seputih kapas itu. Bijinya buang aja. Kulit luar buah juga buang aja. 1 laras butuh sekitar 10 biji daging buah. Jadi 1 buah Cacao bisa untuk 3 laras.

5.Kumpulan daging buah lalu dicacah pake peso (karena kalo diblender gak bisa. lha wong cuma sedikit kok), sampai menjadi semacam bubur yang halus, licin dan lengket2.

6. Masukkan adonan ke dalam lubang bore laras baja. Sumpelin ujungnya satunya supoyo ora mbrojol. Masukkan terus sampai sluruh lubang dipenuhi adonan.

7. Diamkan sekitar 2, 3, atau 4 jam. Lamanya adalah tergantung tingkat kemasakan Cacao.

Catatatn penting : untuk menentukan waktu yang tepat, gunakan kontrol reaksi. Yaitu letakkan 1 butir biji Cacao yang masih diselimuti daging buahnya dan letakkan di atas pisau berkarat atau besi berkarat ringan. Kalau setelah 2 jam ditiliki ternyata peso atau besi berkarat wis mulai ilang karate dan mulai memutih serta daging buah Cacao jadi menghitam karena menyedot karat, berarti demikian juga adonan yang ngendon di dalam laras sudah bereaksi dengan tingkat reaksi yang sama. Kalau 3 jam baru memutih, ya 3 jam saat yang tepat. Kalau 4 jam baru memutih, ya 4 jam.

Kalau media kontrol sudah mulai putih, itulah saat yang tepat untuk ngeluarin adonan dari dalam laras.

Karena kalau kelamaan, maka peso media kontrol tadi akan menghitam. demikian juga yang didalam laras.

Dadi ojo kesuwen. Ngerti to sing tak maksud.

8. Keluarkan Cacao dari dalam lubang bor pake lidi aren atau bilah bambu, atau rod kuningan. terserah. disogok2 keluarin semua.
Lihat warna adonannya. sudah berubah jadi hitam pekat ?

9. Gelontor bore laras dengan air bersih. Ya. AIR.
Sambil bore dibersihkan pake sikat laras. boleh yang sikat nylon atau sikat kuningan. SIKAT LARAS. Dudu sikat WC.
Gosok berkali2 supaya bersih dari bekas adonan Cacao.

10. Keringkan segera, dengan dijemur atau dipanggang di atas kompor biar air dalam laras menguap.

11. Bersihkan dan keringkan bore laras dengan potongan kain2 kecil. Boleh pake senar nylon utowo disogok pake lidi ato kuningan.

12. setelah bersih kering, semprot dengan WD 40 bore laras-e. Gosok lagi pake sikat laras. keringkan pake kain.

13. Tetesi minyak olie ( Olie singer misale, ato olie silikon) lalu bersihkan keringkan lagi dengan kain.

Sekarang saatnya menginceng bolongan laras.

Kalau sukses : Fhhuiiii. Kempling koyo koco.

Silakan mencoba.


http://www.facebook.com/topic.php?topic=15764&post=102010&uid=372064222798#post102010
Hek Tung Kai Pang.
Wong Ndeso Ra Duwe Bondho.

Kamis, 17 Februari 2011

Cara Zeroing dan Setting Tele scope menggunakan rumus Minute Of Angle ( MOA ) ala Mas Fa'in (KOMSAS)

“ ( 1,2,3,4,5,6,7,8,9………48,49,50…….lumayan dah 950 gejlukan ) “ Itulah suara batin saya ketika sedang memompa senapan gejluk…….. hentakan demi hentakan berulang kali……1000 kali pompa, 1200 kali pompa, bahkan sampai lupa udah berapa kali gejlukan…….maklumlah yang namanya orang hobby sampai gali tanah…… kemudian gali tanah sebelahnya lagi… sebelahnya digali lagi…. Sampai akhirnya ketemu juga senapan gejluk yang berlaras 65 cm alur 12 tabung 24 dan tele Hakko yang harus nggali tanah sampai satu jutaan galian……….. nggak tahu kapan lagi menutup tanahnya wkkk…wkkk…wkkk…wkkk….

Setelah dirasa pompaan sudah cukup kemudian di bersihkan dan di oles sedikit gun oil biar tidak terkena proses oksidasi di dalam tas senapan…… Topi, pellet, sepatu, peredam, pellet Holder, kalkulator, pensil, buku tulis, stip penghapus, tang, drei, cukilan ban dan yang lainnya di persiapkan….. Rencana besuk pulang kampung dan ngajak temen di kampung untuk hunting…….It’s o.k lah….walaupun hanya naik motor yang penting bensin tetep pakai premium……..kenapa nggak pake mobil……? Lha wong bensin aja mampunya beli yang premium…..tahu sendirilah, pertamax harganya berapa… walaupun memang untuk mesin bagus karena rendahnya kandungan tim*&^$@!@%##$@%............STOP.....YOU ARE OUT OF TOPICS…...

O.k kita kembali ke cerita selanjutnya….. begini ceritanya….Suara ayam kate berkokok dengan lantangnya tanpa basa-basi nggangguin tidurnya orang yang tiap hari ngasih mereka makan……di pagi buta aku bangun dari tidurku yang nyenyak, kemudian kulihat jam dinding baru menunjukkan pukul 09.30 WIB….. langsung aku bergegas kekamar mandi mengambil handuk dan kemudian cuci muka….. setelah itu ganti pakaian, jaket, sepatu, slayer, helm,dan bawa perlengkapan lainya. Setelah semua di rasa lengkap, komplit dan nggak ada yang tertinggal, kemudian berpamitan ke Istri tercinta karena marahnya sedikit doang kalau denger aku beli RWS superdome dan sun sayang buat si Monic kecilku yang cantik…… kemudian aku mulai melaju tancap gas pake motorku yang berbahan baker bensin premium……. kenapa nggak pake mobil……? Lha wong bensin aja mampunya beli yang premium…..tahu sendirilah, pertamax harganya berapa… walaupun memang untuk mesin bagus karena rendahnya kandungan tim*&^$@!@%##$@%............STOP.....YOU ARE OUT OF TOPICS…... AND FLOODING YOUR TOPICS…...

Setelah memasuki area kota Demak mulai dech ribetnya nongol….. jalan yang nggak rata, banyak lubang, banyak bebatuan, banyak cewek cantik, banyak juga genangan air……. Tas senapan yang aku gendong di punggung mulai menggangu, ambruk sana, ambruk sini, miring sana, miring sini, kena kepala sana, kena kepala sini dan lain-lainya……

Setelah makan dan istirahat sejenak di rumah……. pas pukul 1 siang temen-temen udah pada datang dan kebetulan juga aku sudah Solo Bandung alias StandBy dari tadi makanya langsung aku kode berangkat ke area hunting….

Begitu masuk area hunting ternyata langsung terlihat target dengan diameter 4 cm pada jarak 24 meter, tanpa babibu atau bahkan celengbu langsung aku bidik pas persis di titik tengahnya, aku ambil nafas dan kemudian aku tarik triger dan clep…. TERNYATA MISS………. Hasil tembakan melenceng 3 cm pada titik tengah sasaran setelah aku pikir-pikir kemungkinan adalah terjadinya perubahan pada scope, entah karena tergoyang dan tergeser-geser ketika senapan di gejluk atau bisa juga karena scope berubah terkena goyangan-goyangan ketika dalam perjalanan……….

Langsung aja aku keluarkan pensil, stip penghapus, 1 buah buku tulis, kalkulator, tang, drei, cukilan ban……

Aku diam sejenak sambil memikirkan beberapa hal yang terlintas di pikiranku….

Aku lihat pada setelan scope tertera ¼ klick MOA berarti :

1 MOA = 1 inci dalam 100 yard
karena penasaran akhirnya aku coba hitung

100 yard = 3600 inci ( aku anggap sebagai jari-jari lingkaran selanjutnya aku hitung keliling lingkaranya )

Keliling lingkaran seingatku adalah 2.π.r…

2 X 3,14 X 3600 inci = 22608 inci ( karena lingkaran memiliki sudut 360º maka untuk 1º adalah ….)

22608 inci : 360º = 628 inci/ º

Untuk 1 MOA adalah 628 inci/ º : 60 detik = 1,047 inci di bulatkan menjadi 1 inci

Jadi memang benar kalau untuk 1 klick MOA adalah 1 inci dalam 100 yard…
dan punyaku 1/4 MOA jadi dalam 100 yard pergeseran 1 klick adalah 0,25 inci



Karena target pada jarak 24 meter maka

24 meter = 944,88 inci( aku anggap sebagai jari-jari lingkaran selanjutnya aku hitung keliling lingkaranya )

Keliling lingkaran seingatku adalah 2.π.r…

2 X 3,14 X 944,88 inci = 5933,8464 inci ( karena lingkaran memiliki sudut 360º maka untuk 1º adalah ….)

5933,8464 inci : 360º = 16,48 inci/ º

Untuk 1 MOA adalah 16,48 inci/ º : 60 detik = 0,275 inci

Karena pada setelan scope adalah ¼ klick MOA 100 yard maka

0,275 : 4 = 0,06875 inci jika di jadikan centimeter maka

0,06875 X 2,54 = 0,174625 cm berarti untuk bergeser 1 cm pada jarak 24 meter dibutuhkan :

1 cm : 0,174625 cm = 5,88 maka jika di bulatkan akan menjadi 6 kali klick

Melihat dari kejadian tadi, sasaran berdiameter 4 cm pada jarak 24 meter dan posisi croshair pada titik tengah target , hasil tembakan melenceng ke kanan 3 cm dari titik tengah sasaran berarti titik tengah target dan hasil tembakan berjarak 3 cm maka di butuhkan 3 X 6 klick = 18 klick ke arah left…….

Tanpa mengenal lelah dan rasa putus asa, aku bidik lagi sasaran tadi, yang ternyata masih tidak bergeming dari tempatnya…… tanpa babibu atau bahkan celengbu langsung aku bidik pas persis di titik tengahnya, aku ambil nafas dan kemudian aku tarik triger dan clep…. BULL EYES………….

Wkkkkkk……wkkkkk……wkkkkk…… ojo ngomong mumet lho…. Masalahnya kau mbikin kayak beginian udah mumet banget…….. biar agak gampang aku kasih bocoran……

Ini berlaku untuk scope ¼ klick MOA 100 yard
Jumlah klick dalam pergeseran 1 cm pada target.

Jarak 7 meter dibutuhkan 20 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 8 meter dibutuhkan 18 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 9 meter dibutuhkan 16 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 10 meter dibutuhkan 14 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 11 meter dibutuhkan 13 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 12 meter dibutuhkan 12 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 13 meter dibutuhkan 11 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 14 meter dibutuhkan 10 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 15 meter dibutuhkan 9 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 16 meter dibutuhkan 9 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 17 meter dibutuhkan 8 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 18 meter dibutuhkan 8 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 19 meter dibutuhkan 7 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 20 meter dibutuhkan 7 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 21 meter dibutuhkan 7 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 22 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 23 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 24 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm
Jarak 25 meter dibutuhkan 6 klick pergeseran dalam 1 cm

CCCCCCMMMMMMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIWWWWWWWWWWW……….