Jumat, 25 Februari 2011

Kelebihan dan Kekurangan Alur Laras

Ok. Menurut yang saya ketahui :

Faktor yang mempengaruhi AKURASI LARAS :

1. Kelurusan lubang bore laras.
2. Homogenitas lubang laras, dari pangkal sampai ujung, terkecuali laras sengin yang ada choked, agak mengecil sedikit di ujung laras.
3. Keseragaman kedalaman groove maupun lebar rel land-nya.
4. Kelangsaman / kontinuitas uliran twist-nya. Ada juga sih laras yang punya twist-gain.
5. Kekakuan (stiffness) laras, semakin kaku biasanya semakin bagus, karena getaran akibat tembakan semakin sedikit.
6. Kesempurnaan machinery kehalusan land-nya.

Perihal laras dengan 6, 9, 12 ulir :

1. Ulir sedikit berarti pelor tidak terlalu dicengkeram oleh laras, kalo groove-nya dangkal kemungkinan bisa tergelincir. Makanya yang berulir sedikit kadang2 groove-nya dibikin agak dalam. Jadi sebenarnya adalah kombinasi antara jumlah ulir dan dalam serta lebarnya groove.
Groove yang dalam lebih bagus mennyekat / men-seal dorongan angin dari belakang.

2. Ulir yang banyak membuat mimis lebih stabil berakselesari, namun jika relnya tidak seragam, twist-nya tidak seragam, diameter juga tidak seragam, mengurangi akurasi.

Intinya jika kombinasi faktor bahan, keseragaman diameter, kelangsaman twis, jumlah twist, keseragaman groove dan keseragaman rel land dan kehalusan land serta stiffness-nya sempurna, maka laras akan akurat.

Perihal panjang laras, dari beberapa penjelasan para ahli, ternyata panjang laras. - dalam batas2 tertentu - tidak berpengaruh langsung terhadap akurasi laras. Pengaruhnya adalah di velocity. Dengan laras yang optimal panjangnya sesuai kapasitas power plant-nya, maka pelor akan berakselerasi secara sempurna sebelum meninggalkan moncong.

Khusus untuk bedil angin, groove yang banyak dan twist yang rapat sebenarnya tidak amat diperlukan, karena type mimis bedil angin yang berbentuk diabolo, sehingga stabilitas terbangnya tidak semata2 bergantung kepada kecepatan putaran (spinning) mimis, tetapi juga ditopang oleh bentuk mimis yang berbentuk diabolo. Oleh sebab itu, bedil angin masih bisa tetap akurat meskipun velocity-nya rendah.

Kalau bedil api, stabilitas mimis semata2 bergantung kepada kecepatan putaran (spinning) mimis dan bentuk aerodinamical bullet, sehingga power plant-nya harus powerful. Jika mid power maka stabilitasnya akan segera runtuh dengan cepat, sehingga akurasi merosot.

Dan lain-lain. Temen2 lain mohon menambahkan. Tks.

Dan lain-lain.

21 komentar:

  1. apa fungsinya ujung laras yang mengecil gan?

    BalasHapus
  2. Ya fungsinya sapaya tekanan/dorongannya makin padat.

    BalasHapus
  3. Ya fungsinya sapaya tekanan/dorongannya makin padat.

    BalasHapus
  4. Laras Sharp inova long barrel dan laras GNF bagisan mana ya.. Sama2 dari baja tpi jumlah putataran yg beda

    BalasHapus
  5. Laras panjang apa jangkauanya lebih jauh klau power nya besar gan? Dan kebalikan nya klau laras pendek apa tidak bisa jauh...

    BalasHapus
  6. Laras panjang apa jangkauanya lebih jauh klau power nya besar gan? Dan kebalikan nya klau laras pendek apa tidak bisa jauh...

    BalasHapus
  7. Laras panjang apa jangkauanya lebih jauh klau power nya besar gan? Dan kebalikan nya klau laras pendek apa tidak bisa jauh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laras pendek power besar=mubadzir
      Laras panjang power kecil=fps kecil
      Laras panjang power besar=optimal
      Kurang lebuh begitu yg saya tangkap

      Hapus
  8. bagaimana dengan powernya apa bila ruang tabung angin di bagian dalam persempit/di tambah daging?

    BalasHapus
  9. Twist lebih banyak pengaruhnya apa gan?

    BalasHapus
  10. Klo fungsi choke sendiri buat apa gan?

    BalasHapus
  11. Masukkan komentar Anda...kalo senapan yang alurnya halus apakah bisa buat berburu burung gan

    BalasHapus
  12. Utuk akurasi bagusan mana gan antara laras full alur/ulir dgn 10 cm alur/ulir di dpan.

    BalasHapus
  13. Utuk akurasi bagusan mana gan antara laras full alur/ulir dgn 10 cm alur/ulir di dpan.

    BalasHapus
  14. Putaran alur lebih banyak apakah lebih bagus akurasinya?

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum,.

    Semua benar,..👍
    Mohon maaf kalo boleh saya tambahkan sedikit,..
    Alur laras pada intinya adalah untuk menghilangkan atau memperkecil gravitasi bumi agar parabolic lintasan mimis menjadi lurus dan tidak cepat jatuh,.. pada awal mula diciptakannya senjata, laras tidak beralur atau licin, dg berkembangnya ilmu pengetahuan maka laras diberi alur, alur yg bagus adalah alur yg line & grovenya sama,. Untuk senapan api twiss lebih rapat dan untuk senapan angin atau gas twiss alur tidak dibutuhkan yg rapat, fungsi choke adalah untuk menstabilkan mimis,. Mimis akan mengecil termakan cengkeraman alur ketika melintas di dlm laras, maka untuk menstabilkan mimis yg keluar dari mulut laras, ujung laras harus menggunakan choke, tapi pada prakteknya untuk kecepatan tinggi tidak diperlukan choke seperti pada senapan api, semua senapan api tidak menggunakan choke,. Ada beberapa kecepatan mimis: subsonic (di bawah) 1100 fps, supersonic 1100 (ke atas) & hipersonic 3000 (fps ke atas),. Caliber,. Caliber ada 2 (dua) : caliber laras & caliber mimis,. Caliber mimis selalu lebih besar daripada caliber laras,. (Contoh : caliber laras 4,5 mm caliber mimis pasti lebih besar 4,51 - 4,52 - 4,53 dst,.) Cwoning pada mulut laras & pangkal laras, crowning adalah sudut pada ujung laras, akurasi akan bagus apabila ujung laras sudah di crownig,.. apabila masuknya mimis pada pangkal laras benar dan senter maka mimis akan lurus dan tidak akan bergeser kanan kiri atau atas bawah ketika masuk pada pangkal laras, demikian pula pada pelepasan mimis pada mulut laras akan stabil apabila ujung laras sudah di crowning dg sudut yang benar,.

    Demikian sedikit tambahan dari saya, mungkin ada kata atau ketikan yg kurang berkenan dihati, mohon maaf yg sebesar2nya,. Semoga ada guna & manfaatnya,.. terimakasih,.. salam satu laras,.. waalaikumsalam,..

    BalasHapus
  16. Apa benar...makin pendek laras dan makin sdikit alur laras itu bisa mnambah power/fps senapan...

    BalasHapus
  17. Apa benar makin pendek laras..dan makin sdikit alur laras itu bisa mnambah power/fps.

    BalasHapus
  18. Apa benar Laras panjang sama laras pendek jumlah putaran ulir alurnya sama saja

    BalasHapus
  19. Laras h2s di banding laras h3s bagus mana dari segi logam nya ?

    BalasHapus